Entitas Pihak Ketiga

Entitas Pihak Ketiga atau TPE (Third Party Entity) dipilih oleh partisipan proyek untuk melakukan validasi PDD dan/atau memverifikasi kegiatan penurunan emisi yang dilakukan. Untuk menjadi TPE, sebuah Badan Validasi dan Verifikasi harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

  • Calon kandidat adalah:
    (a) telah terakreditasi ISO 14065; atau
    (b) merupakan  Designated Operational Entities (DOEs) untuk Clean Development Mechanism (CDM) di bawah UNFCCC
     
  • Calon kandidat memiliki pengetahuan yang cukup terkait kerjasama JCM antara Pemerintah Republik Indonesia dan Jepang dengan membaca dan memahami peraturan dan panduan JCM.

Calon kandidat yang telah memenuhi kriteria di atas dapat mendaftarkan formulir aplikasi dan dokumen terkait sesuai dengan yang disampaikan dalam Pedoman untuk TPE kepada Sekretariat JCM Jepang (id-jc-secretariat@jcm.go.jp) dan Indonesia (secretariat@jcmindonesia.com).

Untuk calon kandidat yang belum dapat memenuhi kriteria menjadi TPE JCM, dapat ditunjuk secara sementara oleh Komite Bersama apabila kandidat telah melakukan pendaftaran resmi untuk akreditasi kepada badan akreditasi dan pihak badan akreditasi telah memulai proses akreditasi kandidat sesuai yang disampaikan dalam Paragraf 41 (a) dan (b) dari Pedoman untuk TPE. Tiap tahunnya, Komite Bersama hanya dapat melakukan penunjukan sementara kepada 2 calon kandidat dari Indonesia dan 2 calon kandidat dari Jepang.

Berikut dibawah ini adalah daftar entitas pihak ketiga JCM.